Sedang Stress? Berikut 6 Cara Menghilangkannya!

Relaksasi

Kerja secara terus-menerus tidak menutup kemungkinan manusia akan mengalami stress belum juga ditambah dengan berbagai persoalan hidup yang kerap juga membuat stress. Dari arus lalu lintas, pekerjaan serta keuangan. Dari situs Harvard Health Publishing pada Minggu, 29 September 2019 mengatakan kalau semua penyebab stress yang dialami oleh seseorang bisa pengaruhi tubuh kita semua. Dari ritme jantung yang berdegup cepat sampai otot yang menjadi tegang.

Memang kondisi yang seperti ini sulit dihindari bahkan hampir mustahil tapi banyak sekali cara yang bisa membuat kamu lebih sehat dan mengurangi stress itu. Herbert Benson adalah seorang ahli jantung dari Harvard Medical School yang memberikan 6 cara relaksasi untuk meningkatkan respon menenangkan dan mengurangi tingkat stress kamu. Yuk langsung saja simak apa saja tekniknya!

1. Perhatikan nafas

Dalam menerapkan teknik sederhana ini kamu diminta untuk mengambil nafas yang panjang, perlahan-lahan dan dalam. Saat melakukan ini lakukan secara lembut bisa melepaskan segala pikiran dan sensasi yang mengganggu pikiran kamu semua loh gengs. Tapi sayang banget nih yang memiliki riwayat pernafasan atau gagal jantung tidak bisa menerapkan metode yang satu ini, tapi jangan khawatir masih ada 5 yang lain kok gengs!

2. Relaksasi otot

Teknik ini merupakan perpaduan antara fokus terhadap pernapasan dengan relaksasi otot progresif. Setelah beberapa menit mengambil nafas yang dalam, kamu akan fokus dengna bagian tubuh dan secara mental membantu dalam melepaskan ketegangan disik yang terjadi.

3. Berimajinasi

Guided imagery atau cita terpadu merupakan teknik untuk membimbing dan mengarahkan kamu ke imajinasi yang menyenangkan dengan bantuan audio visual. Teknik ini memungkinkan kamu untuk menyulap tiap adegan yang menenangkan ke pikiran sehingga mmebantu memberikan efek rileks dan jelas akan lebih fokus dari yang biasanya.

4. Meditasi minfulness

Latihan ini mengharuskan kamu untuk duduk dengan rileks, fokus dengan pernafasan serta memusatkan perhatian terhadap hal yang sedang dilakukan tanpa berkelana ke pemikiran masa lalu atau masa depan.

Hasil penelitian menunjukkan kalau metode ini efektif untuk orang yang memiliki kecemasan, depresi dan rasa sakit.

5. Yoga, Tai Chi serta senam Qigong

Ketiga kegiatan kuno ini menggabungkan pernafasan berirama dengan gerakan-gerakan yang mengalir. Kegiatan ini membuat kamu untuk fokus terhadap mental yang membantu mengalihkan perhatian kamu dari pikiran berkelana.

6. Doa

Semua ini semua dari kamu pasti bisa sih, menerapkan doa yang berulang saat kamu stress bisa membantu memberikan efek yang bagus. Di teknik ii selain mengulangi doa, Benson juga menyarankan untuk tidak lupa mempraktikkan fokus juga terhadap pernafasan.

Gimana nih? Sudah ada yang mencoba menerapkan 6 hal diatas? Apakah kamu menjadi lebih rileks atau malah sebaliknya? Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan agar stress tidak membuat kamu menjadi sakit ya gengs!