Jokowi Akan Gaji Pengangguran Rp 500 Ribu/Bulannya Mulai Januari 2020

Pak Jokowi

Kok bisa sih pengangguran malah digaji? Nah lewat kartu Pra Kerja ini yang bisa digunakan pada Januari 2020 ini nih yang memberikan para pengangguran di Indonesia gaji sebesar 300-500 ribu Rupiah dari pemerintah selama 3 bulan saja nih. Perkiraan pemerintah ada sekitar 2 juta pengangguran di seluruh Indonesia yang akan menerima gaji dari pemerintah sembari menunggu mendapatkan kerja. Pemerintah akan menggandeng platform dompet digital atau yang biasa kita sebut e-wallet guna penyaluran gaji para peserta yang ikut dalam gaji pengangguran ini nih.

Kartu Pra-Kerja

" Anggaran sementara yang akan diselenggarakan kurang lebih 2 juta" kata Moeldoko di Kemenko Perekonomian setelah Rakor Persiapan Kartu Pra Kerja (24/9/2019). Program ini sifatnya terbuka kok, siapa saja punya hak untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu pra kerja tanpa ada larangan atau batasan usia loh. "Ya harapan kita Januari sudah On", katanya.

Moeldoko menjelaskan, program Kartu Pra Kerja adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan skill atau keterampilan untuk masyarakat Indonesia. Pemerintah juga tidak membatasi atau mengklarifikasi umur masyarakat yang ingin mengakses program ini. "Jadi terhadap masyarakat Indonesia yang belum punya pekerjaan atau yang kena PHK dan seterusnya nanti ini akan disiapkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan" ujarnya. Sebelumnya pemerintah lewat Kementrian Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa ada 3 kelompok yang bisa mengakses program ini.

Rp 500 Ribu

Pertama yaitu para pencari kerja, dalam hal ini masyarakat yang baru lulus sekolah baik SMA maupun perguruan tinggi. Kedua mereka yang membutuhkan peningkatan keterampilan (upskilling). Ketiga yaitu para pekerja yang baru saja menjadi korban PHK. Perintah juga tak lupa mengatakan kalau Kartu Pra Kerja ini ada beberapa fasilitas yang bisa dimanfaat oleh masyarakat loh, penasaran?
Mulai dari pelatihan selama tiga bulan lalu mendapatkan sertifikasi juga dapat insentif usai pelatihan.

Untuk meningkatkan keterampilan dilakukan hanya 2 bulan saja dan bagi pekerja yang menjalaninya juga akan mendapatkan insentif pengganti karena selama pelatihan tidak diberi upah oleh perusahaan.
Fasilitas yang selanjutnya adalah re-skilling bagi para korban PHK. Durasi pelatihannya juga hanya dua bulan saja lalu diberikan sertifikat dan mendapatkan insentif juga loh selama masa pelatihan.

Bagaimana nih gengs? Kamu mau ikutan program dari pak Jokowi ini sebagai presiden kita? Sudah jelas sih ini sangat berguna sekali untuk rakyat, Kira-kira yang ngajarin pas saat pelatihan dapat berapa ya? Tapi jangan hanya ambil uangnya saja ya! Berusaha untuk cari kerja atau buat usaha guys.