Menguak Fakta Berkumur AIr Garam, Benarkah Sembuhkan Sakit Gigi?

Berkumur air garam

Pernah tidak sehabis makan atau waktu kamu lagi senggang tiba-tiba kamu merasa mulutmu sakit, tepatnya di bagian gigi? Sangat mengganggu sekali bukan? Apalagi kalau kita sedang berada diluar atau sedang di pertemuan penting, pastinya kamu bakal tidak percaya diri banget dong kalau ini sampai terjadi di waktu yang tidak tepat?

Memang kejadian sakit gigi tergolong sangatlah menyebalkan, tidak sedikit orang yang mengalami hal yang tidak menguntungkan ini, biasanya disebabkan makanan yang tersangkut di gigi kamu, gigi berlubang dan masih banyak lagi, Tapi banyak juga yang bilang untuk menyembuhkan penyakit sakit gigi hanya cukup untuk berkumur air garam saja maka sakit gigi pun akan hilang secara perlahan, contohnya dari cuitan para netizen di Twitter yang satu ini.

Logo Twitter

"Fyi aja tapi gue hampir nangis gara-gara sakit gigi, coba deh kumur-kumur air garam, it's work," ujar akun @lafyujancok

Cuitan yang lain juga menyerukan hal yang sama dengannya yaitu "Sering-sering kumur-kumur pakai air garam aja, kak. Sumpah gaenak banget sakit gigi tuh, aku aja sampe nangis histeris," tulis akun @imnssss dalam membalas utasan warganet yang meminta saran menghilangkan sakit gigi.

Tapi apakah itu hanya mitos belaka atau memang benar-benar terbukti?

Dilansir dari health-liputan6.com mereka menghubungi dokter gigi yang bernama Callista Argentina untuk menanyakan perihal ini, Callista mengatakan kalau ini bukan fakta. "Mitos aja deh ya. Soalnya kalau dibilang fakta nanti disangkanya beneran," jawabnya saat dihubungi via telepon pada hari Rabu tanggal 8/1/2020.

Penyebab sakit gigi yang tersering, kata sang dokter adalah karena gigi berlubang. Kenapa bisa? Gigi berlubang disebabkan adanya makanan yang terselip yang tidak dibersihkan lama kelamaan membuat gigi berlubang. Setelah itu, lubang bekas makanan tadi dimasuki oleh sisa makanan lagi dan itulah yang membuat sakit gigi.

Gigi berlubang

Dokter lulusan dari Fakultas Kedokteran Gigi Prof. DR. Moestopo Jakarta ini juga mengatakan kalau rasa sakit gigi bisa mereda karena berkumur dengan air garam itu karena menghempaskan sisa makanan yang ada di gigi berlubang saja.

"Kalau misalkan kumur-kumur pakai air garam atau pakai air biasa, itu biasanya kalau kotorannya hilang, sakitnya juga akan berkurang," ujarnya.

Callista tak lupa menambahkan juga kalau air garam berfungsi untuk meredakan gusi yang bengkak, yang biasanya terjadi setelah operasi gigi atau cabut gigi.




"Jadi semua tergantung dari kondisi penyebab sakit giginya," jawab Callista yang kesehariannya praktik di Almeira Clinic Jakarta Selatan.

Berkumur air garam bukan menghilangkan rasa sakit gigi tapi hanya meredakan rasa sakitnya saja, itu juga tergantung dari tingkat keparahan sakit giginya. Ingat bahwa air garam itu berfungsi untuk meredakan gusi yang sedang bengkak akibat sakit gigi, makanya kamu merasa lebih baik sehingga dampaknya hanya ke gusi saja bukan ke gigi kamu.

Gusi bengkak

Selain itu juga berkumur dengan air berfungsi untuk menghempaskan sisa makanan yang terselip di gigi berlubang, bukan karena air garamnya kok. Lebih baik kamu ke dokter gigi untuk berkonsultasi masalah gigi kamu jika sakit mulai terasa. Dokter gigi akan memeriksa gigi kamu untuk mengetahui penyebab sakit gigi sehingga pengobatan akan lebih efektif.

"Bukan cuma diobati gejalanya saja tapi mengatasi sumbernya juga, kalau tidak nanti bisa kambuh lagi sewaktu-waktu," paparnya.

Jadi bagaimana? Sudah tahu kan apa yang harus kamu lakukan jika gigi kamu tiba-tiba sakit? JIka kamu tetap ingin berkumur air garam memang tidak ada masalah karena membantu untuk meredakan sakit giginya tapi kamu harus tetap pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut agar sakit gigi bisa benar-benar sembuh ya!



Sumber: Liputan6